Dalil-Dalil tentang Ibadah Sholat Tahajud (Bangun 1/3 Malam)

Dalil-Dalil tentang Ibadah Sholat Tahajud (Bangun 1/3 Malam)

106
0
BERBAGI

Dalil-Dalil tentang Ibadah Sholat Tahajud (Bangun 1/3 Malam) – Rasulullah saw telah bersabda di dalam haditsnya yang artinya,“Sesungguhnya amal perbuatan itu harus dengan niat, dan setiap orang itu tergantung pada niatnya.” (Muttafaq Alaih)

Rasulullah SAW. pernah bersabda, “Lazimkan dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang shalih sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad)

“Wahai orang-orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah kalian (untuk sholat) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit. atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Alqur’an itu dengan perlahan-lahan.” (QS. Al Muzzamil; 1 – 4)

Dalil-Dalil tentang Ibadah Sholat Tahajud (Bangun 1/3 Malam)

Firman Allah Swt. di atas memerintahkan secara gamblang kepada Rasulullah Saw. yang tengah tidur agar melakukan sholat malam atau sholat tahajud. Dan perintah yang diberikan kepada Rasulullah Saw. tersebut bukanlah perintah hanya untuk diri nabi akan tetapi juga kepada seluruh umat beliau.

Dari Jabir ra, ia barkata, “Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya pada malam hari itu benar-benar ada saat yang seorang muslim dapat menepatinya untuk memohon kepada Allah suatu kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah akan memberikannya (mengabulkannya); dan itu setiap malam.” (HR. Muslim dan Ahmad)

Sholat tahajud merupakan bentuk ‘komunikasi’ hamba dengan tuhannya yaitu Allah Swt yang paling efektif. Pasalnya, sholat tahajud dilakukan ketika jamak dari hamba Allah Swt. tengah tertidur lelap.

Dikatakan efektif sebab pada waktu malam hari, suasananya benar-benar sunyi dan menenangkan. Keadaan seperti itu sangat membantu kita menjadi khusyuk, dan bermunajat kepada Allah pun penuh dengan ketenangan.

Seorang muslim yang senantiasa melazimkan sholat tahajud, insya Allah ia akan selalu mendapatkan perlindungan serta keselamatan dan dicukupkan rejekinya oleh Allah Swt. Dan kelak di akhirat akan selamat (masuk surga, terhindar dari neraka).

Dari Abdullah bin Salam, Rasulullah SAW bersabda, “Wahai manusia, sebarkanlah salam, berikanlah makanan, dan sholat malamlah pada waktu orang-orang tidur, kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Imam Tirmidzi)

Allah Swt niscaya akan memberikan kemuliaan kepada umatnya yang khusyuk dan berkesinambungan dalam mengamalkan sholat sunah tahajud.

Dalil-Dalil tentang Ibadah Sholat Tahajud (Bangun 1/3 Malam)

Dari Sahal bin Sa’ad ra., ia berkata, “Malaikat Jibril datang kepada Rasulullah saw lalu berkata, ‘Wahai Muhamad, hiduplah sebebas-bebasnya, akhirnya pun kamu akan mati. Berbuatlah semaumu, pasti akan dapat balasan. Cintailah orang yang engkau mau, pasti kamu akan berpisah. Kemuliaan orang mukmin dapat diraih dengan melakukan shalat malam, dan harga dirinya dapat ditemukan dengan tidak minta tolong orang lain.’”

Rasululah SAW. bersabda, “Seluruh manusia dikumpulkan di tanah lapang pada hari kiamat. Tiba-tiba ada panggilan dikumandangkan dimana orang yang meninggalkan tempat tidurnya, maka berdirilah mereka jumlahnya sangat sedikit, lalu masuk surga tanpa hisab. Baru kemudiaan seluruh manusia diperintah untuk diperiksa.”

Jika kita mengkaji lebih dalam lagi tentang melihat hebatnya kedudukan dan keutamaan mendawamkan sholat tahajud di atas, maka sudah sepatutnyalah bagi kita semua untuk senantiasa berlomba-lomba mendapatkan fadhilah dari sholat tahajud tersebut.

BACA JUGA

17 Tips Mudah Sholat Tahajud

Tips dan Trik Cepat Serta Mudah Menghafal Alquran

Dalil-Dalil tentang Ibadah Sholat Tahajud (Bangun 1/3 Malam)

Demikianlah Dalil-Dalil tentang Ibadah Sholat Tahajud (Bangun 1/3 Malam) – semoga bisa menjadi pemicu untuk kita semua yang hendak melaksanakan sholat tahajud. []

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY