Minum Madu untuk Sahur Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Minum Madu untuk Sahur Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

48
0
BERBAGI

Minum Madu untuk Sahur Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan  – Artikel ini sekaligus menjawab pertanyaan jamak orang yang menyebutkan, “Minum madu saat sahur, baik atau tidak?”

Rata-rata masyarakat Indonesia membiasakan minum madu saat sahur. Alasan yang paling mendasar dari kebiasaan meminum madu di saat sahur sebab madu mampu mengenyangkan bagi orang yang meminumnya.

Apalagi meminum madu merupakan kebiasaan yang seringkali dilakukan oleh Rasulullah Saw. Disebutkan selain habatussauda, minyak zaitun serta air zam-zam, Rasulullah Saw. pun senang meminum madu.

Dan ketika beliau sakit, ikhtiar yang dilakukan dalam berusaha menyembuhkannya, Rasulullah kerap menjadikan beberapa bahan makanan atau tumbuhan sebagai penawarnya, misalnya; kurma, mentimun mesir, serta susu kambing.

Minum Madu untuk Sahur Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Minum Madu Saat Sahur untuk Berpuasa di Bulan Ramadhan

Madu telah dihubungkan dengan ibadah shaum semenjak zaman Rasulullah Saw. Usai makan sahur, sunahnya, memakan 3 butir kurma dan dua sendok makan madu. Tujuannya tentu saja supaya kuat saat menjalankan ibadah wajib; puasa di bulan Ramadhan. Pun di saat berbuka, setelah minum sebanyak 3 gelas air putih sangat dianjurkan untuk memakankurma dan meminum madu sama dengan ketika makan sahur.

Itulah aturan minum madu di bulan Ramadhan seusai dengan sunah Rasulullah Saw.

5 Manfaat Minum Madu Saat Sahur dari Sisi Medis

Di saat bulan puasa, selain buah kurma – madu pun sangat bermanfaat. Jamak masyarakat muslim yang condong memilih buah kurma sebagai pilihan untuk santap sahur. Alasannya memang sangat umum diketahui bisa menjaga kondisi tubuh dan otak untuk senantiasa sehat.

Akan tetapi, meminum madu pun sangat berguna sebagai makanan yang alami yang bisa dikonsumsi untuk sehari-hari dan di bulan puasa. Di dalam Alquran dijelaskan bahwa madu merupakan sumber makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang menyehatkan serta menyembuhkan.

Saat sahur disarankan untuk Anda yang tengah menjalankan ibadah puasa memakan 3 butir kurma dan 1 atau 2 sendok makan madu untuk orang dewasa. Adapun untuk anak-anak dianjurkan 1 atau 2 butir kurma dan 1 atau 2 sendok teh madu.

Di saat berbuka puasa, guna menghindari terjadinya lonjakan gula darah dalam tubuh, dianjurkan setelah datang waktu berbuka – cukup makan buah kurma terlebih dahulu. Setelah mengambil jeda beberapa menit, silakan Anda meminum madu.

Bisa disimpulkan, terdapat 5 manfaat meminum madu saat sahur dari sisi medis, sebut saja;  

  1. Madu bisa membangkitkan stamina dan sumber energi yang tinggi di saat berpuasa,
  2. Madu mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh manusia,
  3. Madu memberikan pasokan kalori selama berpuasa,
  4. Madu memberikan perlindungan bagi tubuh dari serangan penyakit,
  5. Madu mampu mempercepat penyembuhan.

Demikian penjelasan tentang minuman segar alami madu dan faedahnya bagi manusia terutama bagi setiap muslim dan muslimah yang tengah menjalankan ibadah puasa. Karena itu, mulai sekarang yuk … Minum Madu untuk Sahur Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan . [w4/05-qs]

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY