Memahami Syukuran Kehamilan 4 Bulan

Memahami Syukuran Kehamilan 4 Bulan

2298
0
BERBAGI

Memahami Syukuran Kehamilan 4 Bulan – “Sesungguhnya setiap orang di antaramu dikumpulkan penciptaannya di dalam perut ibunya empat puluh hari berupa nutfah, kemudian menjadi segumpal darah, (empat puluh hari kemudian), kemudian menjadi segumpal daging selama itu pula (40 hari berikutnya). Kemudian diutuslah kepadanya malaikat, lalu meniupkan ruh kepadanya dan diperintahkan atasnya menuliskan empat hal; ketentuan rejekinya, ketentuan ajalnya, ketentuan amalnya, dan ketentuan celaka atau bahagianya …” (HR. Bukhari dan Muslim)

Memahami Syukuran Kehamilan 4 Bulan

Kehamilan adalah periode yang didambakan oleh seorang istri di dalam berumahtangga (pasca menikah). Karena proses kehamilan merupakan fase yang harus dilalui untuk menghadirkan anak di dalam keluarga.

Di atas telah disebutkan hadits-nya tentang proses janin di dalam perut ibu hamil sesuai dengan sabda Rasulullah Saw. Hadits tersebut menjelaskan proses kejadian manusia:

  • 40 hari pertama berupa nutfah atau cairan kental,
  • 40 hari kedua menjadi ‘alaqah atau segumpal darah,
  • 40 hari ketiga menjadi mudhghah atau segumpal daging.

Proses di atas apabila dihitung berdasarkan bulan sama dengan 4 bulan atau 120 hari. Dan pada bulan ke-4 seperti itu Allah Swt mengutus malaikat guna meniupkan ruh ke dalam janin yang terdapat di rahim ibunya. Dan momen ini seringkali diperingati oleh masyarakat Islam dengan sebutan 4 bulanan.

Memahami Syukuran Kehamilan 4 Bulan

Beberapa hal yang menjadi landasan peringatan 4 bulan kehamilan, antara lain:

  1. Sebagai tanda syukur seorang hamba kepada tuhannya, Allah Swt yang telah memberikan anugerah dengan memberikan amanah berupa seorang buah hati, anak.
  2. Sebagai pendidikan prenatal (pendidikan sebelum lahir) bagi janin yang mulai hidup atau mulai diberi ruh, yang kelak bertujuan agar sang buah hati menjadi anak yang shaleh/shalehah, faham agama, serta menjadi anak yang mencintai dan mengamalkan alquran.

Niat baik inipun harus disertai dengan cara-cara peringatan yang baik. Artinya peringatan 4 bulanan diisi dengan pembacaan ayat suci Alquran serta memanjatkan doa yang baik. Bukan sebaliknya; melakukan ritual atau peringatan yang jauh dari nilai-nilai keislaman semisal mandi kembang tujuh rupa atau membuat rujak yang ditukar dengan uang dari genting meskipun untuk tujuan simbolik.

Di saat mengadakan syukuran 4 bulanan, ayat alquran yang dibaca tidak terikat. Ayat apa saja selama bersumber dari alquran , semuanya baik untuk dikumandangkan (dibaca).

Namun apabila ingin lebih spesifik dalam pembacaan ayat suci alquran ketika syukuran 4 bulanan; dianjurkan untuk membaca surat Luqman yang berkisah tentang pendidikan (surat nomor 31) tujuannya tentu saja mengambil ibrah dari isi ayat surat tersebut.

Khususnya surat 12 hingga 19 yang berkisah tentang seorang ayah yang bernama Luqman kepada anaknya dengan pendidikan aqidah atau keimanan, pendidikan ibadah, serta pendidikan akhlak.

Memahami Syukuran Kehamilan 4 Bulan

Jangan lupa untuk senantiasa memanjatkan doa yang baik untuk masa depan anak kita. Kita memohon kepada Allah agar ditentukan rezeki yang halal, luas, berkah, dan mudah dalam meraihnya.

Serta agar anak kita diberikan umur yang berkah; senantiasa dalam ketaatan, dan mampu memberikan manfaat kepada orang lain, tidak menjadi orang yang pelit baik harta dan ilmu dan dimatikan dalam keadaan khusnul khatimah.

Demikian saja sekilas tentang Memahami Syukuran Kehamilan 4 Bulan. Mudah-mudahan ada guna serta manfaatnya. Amin … Yaa Rabbal’alamiin [|]

TIDAK ADA KOMENTAR

  1. Maaf akhi boleh tahu dalil hadithnya kah? Apakah Rasulullah saw pernah berbuat atau menyuruh sahabatnya melaksanakan hal ini??

  2. setahu saya tidak ada dalil nya syukuran 4 bulan, tolong di jelaskan dalilnya bila ada, biar tidak menyesat kan, baca alquran tiap hari, tidak hanya pada 4 bulan kehamilan saja, itu lebih baik.

  3. Sebetulnya, syukuran tidak harus dlm 4 bulannya, bisa kapan saja. Tetapi, dlm 4 bln pd saat2 mau ditupkan ruh, kita mengumpulkan orang2 untuk mengaji dan mendokan semoga jabang bayi diberi yg terbaik segalanya. Pd 4 bulanan itu juga, kita bagi2 rejeki sbg tanda syukur…knp mesti bertanya dalil???? Cuma niat syukuran kok…

  4. Tuk Anonim : Secara khusus tidak ditemukan dasar dalam syariat. Hanya saja, dalam fikih disampaikan bahwa apabila dalam kegiatan tersebut tidak terdapat hal-hal yang dilarang agama bahkan merupakan kebajikan seperti sodaqoh, qiro'atul qur'an dan sholawat kepada Nabi serta tidak meyakini bahwa penentuan waktu itu adalah sunnah, maka hukumnya diperbolehkan

    REFERENSI :
    – Qurrotul 'Ain hal. 158
    – Tafsir Ibnu Katsir juz 3 hal. 525
    – Fatawy al Fiqhiyyah al Kubro juz 2 hal. 7
    – I'anah al Thalibin juz 3 hal. 414
    – Bughyah al Mustarsyidin hal. 74

    HASIL KEPUTUSAN
    BAHTSUL MASAIL FMPP ke-23 SE-JAWA MADURA
    di PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang
    Rabu-Kamis, 25-26 Mei 2011 M. / 22-23 J. Akhir 1432 H.

  5. Harus jelas Dasar Hukum to.. mosok buat acara sendiri… 3 bulanan 7 bulanan itu ada dasarnya lho… tapi dalam kitab Agama Hindu… hayo yg muslim mau tiru2

  6. Rasulallaallaah SAW adalah sebaik baik tauladan bagi Umat Islam dan beliau tidak mensyariatkan syukuran 4 bulanan , aakah kita dengan analogi sempit pikiran kita merasa lebih baik dari Rasullallaah SAW . tolong ditinjau kembali cara berpikir yang ingin lebih baik menurut kita daripada menurut Rasullallaalh SAW

  7. Segala sesuatu yang bertujuan untuk mendekatkan diri dan meraih ridho Allah harus selalu berdasarkan dalil. Kenapa kalau ditanyakan dalil kok pada sewot? Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam adalah sebaik-baiknya contoh. Kalau Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam tidak pernah mencontohkan, kenapa diada-adakan? Kalau masalah dunia sih terserah Anda.

    Jika ada ibadah yang mengkhususkan pelaksanaannya karena batasan: waktu, tempat, bacaan, dan tata cara pelaksanaan, maka harus ada contoh dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

  8. Hanya sekedar sharing aja..
    ada yang perlu dibenahi dari tulisannya, yaitu:
    Hadits tersebut di atas menjelaskan proses kejadian manusia:

    40 hari pertama berupa nutfah atau cairan kental,
    40 hari kedua menjadi ‘alaqah atau segumpal daging,
    40 hari ketiga menjadi mudhghah atau segumpal daging.

    'ALAQAH itu kan segumpal darah, bukan segumpal daging?

    UNTUK ANONIM YANG LAGI RIBUT:
    1. Mengekspresikan rasa syukur itu bisa dilakukan setiap saat (kapanpun dan dimanapun), apalagi saat memperoleh nikmat.
    2. Kullu ma ro'ahul muslimuna hasanan, fahuwa indALLahi hasan.

  9. Niat baca al quran n shadaqah pd saat bhagia tdk ada perintah. Artiny tdk wajib. Juga tidak ada larangan artinya tdk haram. Brarti kgiatan trsebur hukumny boleh. Dan brnilai ibadah krn baca al quran.
    Yg trtolak apanya?

  10. ada 2 pendapat yang berbeda soal pelaksanaan hal ini, yang jelas menurut saya jika tidak ada dalil dan contoh ya ga perlu dikerjakan, bersyukur bisa kapan saja, dan jangan sampai 4 bulanan dikerjakan tepat waktu dan akikahnya diundur2 waktunya

  11. anonim yg sewot: ya itu trserah km sndri mw ngapain aj kek ko jd mlah ngeributin org2, klo mnurut km bner ya udh jalanin aj, tp klo mnrut km ga bner ya udh ga ush d ikutin toh yg ngjalanin km sndri.. mkny ikutin pengajian2 yg bner bukn yg aneh2

  12. anonim yg sewot: udh d ksh pandangan sm org2 msh ttp keukeuh sm pendirianny sndri, pdhl blm tntu pndirian km itu bner, pake nnya2 dalil2 sgla, emg km sndri ngertii sm dalil2?

  13. Emang bener sich kita harus contoh Rasulullah SAW,,makanya lo juga harus tidur pake tikar,trus ga boleh pake hp dan sejenis nya, trus klo ke mekah harus pake onta. Nabi kita juga pake onta. Trus klo nikah juga ga pake acara2 musik atw apa lah. Karna itu semuanya bid'ah. Apa bisa lo kayk Nabi. Lo jadi orang jangan so bener. Islam itu ada 4 mazhab. Jadi tinggal kitanya aja mau ikut yg mana. Karna 4 mazhab itu mencontoh dari Nabi juga. Menurut ane hanya orang bodoh yg suka mendebatkan masalah spele kyk gni. Makanya ngaji yg bener. Pelajari 4 mazhab trus pilih satu yg kita yakini buat pertanggung jawaban di akhirat nanti..
    Satu hal yg kitak tidak sdari adalah membuat kaya orang yahudi ;
    yaitu Dengan melakukan onlen,beli pulsa. Sedangkan sodara kita sedang digempur habis2an. Nabi kan ga mengajarkan onlen atw apalah. Kita itu termasuk orang2 yg munafik.

  14. Masalah akekah itu kalo mampu aja,buat kmu ga jadi masalah. Tpi buat yg ekonmi lemah kan harus dipikir2 lg. Alloh itu menurunkan rezeki ke semua manusia itu berbeda beda. Anda harus ingat itu

  15. Justru yg analogi sempit yg ga bisa nya mengkritik orang. Dirinya juga blom tentu bener. Jangankan pangkat kita yg bnyk bngt dosa,pangkat ustdaz atw haji pun blum tentu bener di mata alloh

  16. Islam di indonesia
    PERSIS
    NU
    MUHAMMADIYAH
    Itu semua sama,tujuan nya 1 hanya pada ALLOH
    yg penting kita bersatu..
    Jangan sampai yahudi senang dngan adanya perpecahan dalam islam.

  17. Buat anonim yg mengkritik masalah 4 bulanan. Benerin dulu deh ibadahnya. Toh kita juga ga tau kan ditrima atw engganya ibadah kita.. Itu hanya ALLOH yg tau.

LEAVE A REPLY