Persiapan Menghadapi Lebaran (Idul Fitri 1 – 2 Syawal)

Persiapan Menghadapi Lebaran (Idul Fitri 1 – 2 Syawal)

72
0
BERBAGI

Setiap akhir bulan Ramadhan, umat Islam bersuka-cita sebab pada hari itu semua kembali fitrah. Fitrah artinya keadaan yang suci dan kembali ke asal. Di dalam ajaran Islam, ini berhubungan dengan konsep bahwa setiap orang dilahirkan dalam keadaan fitrah.

Di awal pagi semua orang berduyun-duyun mendatangi tempat dilaksanakannya shalat sunah Ied. Sholatnya sendiri biasanya dilaksanakan di tanah lapang atau di jalan raya. Pada hari ini pun, tepatnya sebelum dilaksanakan shalat, imam mengingatkan kepada siapa saja barangkali ada yang belum menunaikan kewajiban membayar zakat.

Sebab kita tahu, membayar zakat setelah mengerjakan shalat dianggap bukan zakat fitrah melainkan sedekah biasa saja. Untuk itu artikel kali ini pun bisa menjadi pengingat bagi Anda apabila menjumpai lebaran, insya Allah.

Berbicara mengenai lebaran, pemerintah dan pihak yang sangat berhubungan erat dengan lebaran seperti transportasi dan arus mudik dan lebaran khususnya PT KAI telah mempersiapkan segala kemungkinan guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi.

Melansir portal berita detik menyebutkan, bahwa masyarakat yang akan mudik tidak usah khawatir. Pasalnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah menyediakan tiket kereta mudik tambahan yang diperuntukkan bagi calon penumpang yang kehabisan tiket kereta untuk mudik Lebaran nanti.

Hal ini diungkapkan oleh Suprapto selaku Senior Manager Humas Daerah Operasi I KAI. Menurut Suprapto, “Untuk keberangkatan dari Jakarta, pihak KAI  menambah 15 perjalanan kereta api khusus guna melayani penumpang yang akan mudik Lebaran pada H-10 sampai H+10.”

Persiapan Menghadapi Lebaran (Idul Fitri 1 – 2 Syawal)

Bicara persiapan menghadapi lebaran di masyarakat, sedikitnya ada dua perilaku umum yang terjadi setiap lebaran (Idul Fitri) datang.

Yang pertama, umat Islam (lebih dari 85% penduduk Indonesia beragama Islam) dengan penuh sika cita  merayakan Hari Kemenangan setelah menjalankan Ibadah Puasa (bulan Ramadhan). Ada berbagai cara yang kerap dilakukan setiap hari raya lebaran yang disesuaikan dengan kebiasaan atau tradisi serta budaya masing-masing daerah. 

Lazim terjadi di setiap keluarga mempersiapkan sandang dan pangan – sebut saja; pakaian koko, peralatan shalat baru (keduanya untuk shalat Ied), pakaian baru, sajian makanan khas Lebaran, seperti; parcel, ketupat serta hidangan untuk sanak famili di momen halal bihalal.
Yang kedua, terdapat sebuah konsekuensi logis pada setiap momen lebaran, yaitu; pengeluaran masyarakat yang sangat besar. Kondisi ini terjadi pada setiap lapisan atau tingkatan kemampuan ekonomi masyarakat. 
Entah itu pejabat negara dari tingkat tertinggi hingga terendah, termasuk pengusaha serta karyawan swasta – semuanya berusaha menyediakan yang terbaik untuk keluarga dan sanak famili. 
Tidak jarang sebagian masyarakat mencari informasi seputar Promo Lebaran – seperti mencari harga kue kaleng murah dengan diskon yang besar atau mencari parcel seperti  Paket Lebaran Ramadhan.
Persiapan Menghadapi Lebaran (Idul Fitri 1 - 2 Syawal)
Persiapan Menghadapi Lebaran (Idul Fitri 1 – 2 Syawal)
Itulah sekilas informasi tentang hal-hal yang biasa terjadi dalam Persiapan Menghadapi Lebaran (Idul Fitri 1 – 2 Syawal) setiap tahunnya. [w1/05-bb]

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY