Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Idul Fitri

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Idul Fitri

58
0
BERBAGI

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Idul Fitri – Saat lebaran atau hari raya tiba, tentu saja disambut dengan suka cita oleh umat muslim diseluruh penjuru dunia.

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Idul Fitri
Karena yang namanya hari raya idul fitri ini sendiri merupakan hari kemenangan, setelah 1 bulan lamanya kita menjalani ibadah puasa di bulan ramadhan. 
Sehingga yang namanya hari raya idul fitri atau lebaran pun tentu saja menjadi salah satu moment yang sangat dirindukan sekali oleh para umat muslim.

Di hari ini pula, mungkin inilah menjadi salah satunya kemenangan untuk kamu, yang sudah tak sabar untuk menantikan yang namanya kehadiran dari hari raya kemenangan alias lebaran idul fitri. 

Apalagi di Indonesia sendiri ada banyak sekali berbagai macam tradisi yang dilakukan saat menjelang lebaran tersebut.

Mudik merupakan salah satu tradisi yang sering dijalani oleh para umat muslim yang ada di Indonesia. Di mana saat menjelang lebaran, mereka akan pulang ke kampung halaman masing-masing untuk berkumpul bersama dengan keluarga tercinta di rumah.


Tips meninggalkan rumah saat mudik Idul Fitri

Untuk anda yang ingin pergi juga ke kampung halaman saat lebaran nanti, berikut ini kami sampaikan hal penting. Informasi artikel ini kami juga membagikan beberapa tips meninggalkan rumah saat mudik Idul Fitri, diantaranya yaitu :

  • Chek pintu dan jendela

Cara atau tips ini sangat amat untuk dimohon perhatiannya. Sebelum meninggalkan rumah ketika mudik, salah satu pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengechek terlebih dahulu apakah semua jendela dan pintu sudah terkunci dengan benar.

Jangan sampai anda malah lupa untuk mengunci saat rumah ditinggalkan untuk mudik ke kampung halaman tercinta. Bila perlu tambahkan pintu dan jendela besi di rumah, tujuannya agar lebih aman.

  • Cabut semua kontak listrik dan gas

Tips meninggalkan rumah saat mudik yang selanjutnya adalah dengan mencabut semua kontak listrik dan juga gas. Nah, tips kedua ini sangat untuk tidak dilupakan. Jangan sampai anda meninggalkan rumah ketika kontak listrik masih pada tersambung. 

Cabut juga selang gas untuk menjaga agar tidak terjadi kebocoran gas. Serta jangan lupa juga untuk mematikan lampu saat anda meninggalkan rumah. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya berbagai macam hal yang tidak diinginkan.

  • Jangan simpan barang berharga di rumah

Sebaiknya saat anda ingin pergi meninggalkan rumah untuk mudik lebaran, hindari yang namanya menyimpan barang berharga di rumah. Seperti emas atau uang. 

Untuk lebih amannya lagi, simpanlah barang berharga anda tersebut di bank. Atau kalau ada kendaraan, titipkan disaudara maupun kerabat yang sudah anda percaya.

  • Titipkan rumah dengan tetangga
Saat anda akan meninggalkan rumah ketika mudik, jangan lupa untuk berpamitan dan juga menitipkan rumah anda dengan tetangga terdekat. Atau anda juga bisa menitipkan kunci rumah dengan tetangga yang selama ini sudah anda percaya, agar bisa mengontrol atau mengchek rumah anda selama di tinggal mudik saat lebaran.

Itulah 4 tips penting bagi Anda yang akan atau sedang meninggalkan rumah saat mudik di hari Idul Fitri tiba. Cara ini bisa dilaksanakan tidak saja pada momen-momen mudik lebaran, di luar suasana itu pun atau di saat Anda akan berpergian – keempat tips ini bisa dilakukan. 

Ingat selalu tips sederhana di atas, Anda bisa menerapkannya sehingga kita bisa memastikan rumah dalam keadaan aman dan terhindar dari hal yang tidak kita inginkan. 
Semoga beberapa dari tips meninggalkan rumah saat mudik yang sudah kami bagikan ini, bermanfaat bagi anda. Terutama adalah bagi anda yang lebaran nanti akan menjalani yang namanya tradisi mudik ke kampung halaman.
Jangan lupa sampaikan salam kepada semua keluarganya dengan beri ucapan selamat hari idul fitri untuk mereka. Tapi, terlebih dahulu saya memberi ucapan yang pertama untuk Anda pembaca setia blog ini.

Selamat idul fitri yah. Semoga hari kemenangan ini diberi hidayah dan hikmat serta kesehatan untuk kita semua. [w2/06-beni]

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY