Makanan Tradisional Orang Jawa di Hari Lebaran

Makanan Tradisional Orang Jawa di Hari Lebaran

86
0
BERBAGI

Makanan Tradisional Orang Jawa di Hari Lebaran – Indonesia terdiri dari berbagai suku yang beragam kebudayaan dan juga perbedaan. Salah satu suku besar di Indonesia adalah suku Jawa.

Makanan tradisional yang terbuat dari Suku Jawa juga cukup beragam sekali. Maka dari itu kita bisa mencari beberapa makanan unik yang mungkin saja belum pernah kita temukan dari Tanah Jawa ini.

Salah satu yang paling banyak dicari saat ini adalah makanan pada saat lebaran, biasanya setiap daerah memiliki makanan khas pada saat lebaran. Jika berkunjung ke daerah Jawa, maka kita akan menemukan beberapa makanan khas pada saat Lebaran yang memang hadir hanya satu tahun sekali dalam lebaran.

Berikut ini adalah beberapa makanan ini antara lain:

  1. Karedok, merupakan menu makanan yang hadir pada saat lebaran khususnya bagi warga Jakarta. Makanan ini sangat wajib sekali karena akan menjadi salah satu makanan penutup setelah menyantap makanan utama berupa ketupat.
  2. Sambal goreng ati, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa masyarakat di Tanah Jawa sangat suka sekali dengan masakan yang pedas. Menu makanan yang satu ini tentu saja selalu wajib ada di saat lebaran terutama sebagai teman penghidang pada saat menyantap ketupat.
  3. Rendang Ayam, jika di Padang menggunakan rendang daging. Maka di Jawa kita akan menemukan rendang ayam yang menjadi salah satu makanan unik di saat lebaran dan cocok sekali dimakan bersama dengan ketupat.

Setelah menyaksikan beberapa makanan tradisional di tanah Jawa ini pastinya sebagian dari Anda rasanya ingin kembali lagi ke Lebaran. Menu makanan ini memang selalu hadir pada saat lebaran dan jarang hadir pada saat hari biasa tanpa adanya perayaan tertentu.

Budaya Jawa pada saat Lebaran akan sangat terasa sekali jika kita berkunjung ke kawasan Jogjakarta, karena biasanya ada beberapa menu unggulan berupa gudeg. Selain itu juga ada perayaan gunungan yang biasanya diadakan oleh Keraton Jogjakarta.

Makanan Tradisional Orang Jawa di Hari Lebaran

Makanan Tradisional Orang Jawa di Hari Lebaran

Melihat makanan dari tanah Jawa ini, rasanya tidak lengkap jika kita tidak menyaksikan beberapa makanan dari daerah lainnya pada saat lebaran. Berikut ini adalah beberapa makanan ini antara lain:

  • Bebek Gulai Kurma, ini merupakan menu makanan yang ada di Aceh dan menu makanan ini cukup populer sekali untuk warga Aceh dan selalu ada pada saat lebaran. Bebek ini akan terasa gurih pada saat digigit.
  • Kallipate, ini merupakan gulai yang menggunakan ikan tenggiri dan selalu ada pada saat perayaan lebaran yang ada di Madura.
  • Semur Betawi, satu tambahan lagi untuk makanan dari orang Betawi ini adalah makanan yang dimasak dengan menggunakan Bencok. Selain itu juga ada tambahan ebi kering yang dipadukan dengan kentang goreng kering.

Beberapa menu pilihan ini biasanya juga berasal dari turun temurun yang masih melestarikan makanan unik ini. Sebenarnya memang makanan ini harus selalu ada pada saat lebaran demi menyebarluaskan kebudayaan Indonesia.

Kita bisa menikmati makanan yang satu ini jika datang ke tempat orang yang masih kental sekali budayanya. Menikmati beberapa menu pilihan ini memang akan selalu membuat kita ingin kembali ke daerah asal kita pada saat lebaran tiba.

Makanan tradisional yang paling banyak dicari saat lebaran tidak lain tidak bukan adalah opor. Di berbagai daerah juga memiliki varian opor yang berbeda dengan rasa makanan yang tidak jauh berbeda dari opor yang ada pada umumnya. [w3/07-BL]

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY