Kemeja Batik Motif Nuansa Etnik untuk Pria

Kemeja Batik Motif Nuansa Etnik untuk Pria

Batik kini bisa dipakai di segala suasana, batik mampu menjembatani pemakainya untuk mengekspresikan diri, tidak saja wanita - saat ini jamak pria yang memakai batik untuk dalam beraktifitas.

86
0
BERBAGI
Kemeja Batik Motif Nuansa Etnik untuk Pria
Kemeja Batik Motif Nuansa Etnik untuk Pria

Hingga detik ini batik terus-menerus menanjak namanya. Apalagi setiap tanggal 2 Oktober kita diingatkan oleh negara untuk memeringati hari Batik Nasional. Entah itu dengan tagar di sosial media atau lomba-lomba yang digelar oleh banyak perusahaan-perusahaan dengan mengatasnamakan batik.

Sehingga hari ini tidak ada lagi istilah ketinggalan jaman saat menyebut batik. Baik anak muda laki-laki atau wanita merasa bangga berangkat kerja, atau untuk sekadar outfit of the day (OOTD) dengan mengenakan kemeja batik.

Perlu diketahui bahwa jamak masyarakat kita saat ini yang mencari batik sesuai dengan selera – seperti; motifnya atau asalnya di mana batik itu dibuat?

Padahal batik tersebut nantinya akan dipakai untuk keperluan kasual saja dan memang ada pula yang khusus dipesan dan akan dipakai saat acara-acara formal atau resmi saja.sebagai busana, baik busana santai (kasual) maupun busana untuk acara resmi.

Khususnya di pulau Jawa, jamak masyarakat yang mengenakan batik guna memenuhi undangan resmi saja, contoh; mengenakan batik untuk ke resepsi pernikahan meskipun hanya sekadar memakai batik tanpa mengikuti aturan berbusana batik. Pasalnya, di jaman dahulu setiap orang yang mencoba untuk berbusana batik wajib mengikuti aturan-aturan pemakaian.

Kini, perancang busana memiliki kreatifitas yang sangat beragam dalam mengembangkan busana khususnya batik. Busana batik dapat menjadi fashion yang sangat fleksibel. Orang-orang selama dia suka tidak peduli acara resmi atau casual – selama dirinya suka – ia tinggal mengenakan batiknya.

Pada batik-batik klasik, masyarakat tetap menjaga kultur yang diterapkan, seperti; warna batik, keanekagaman motif batik, bahan batik, isen (pelengkap), susunan serta teknik batik. Adapun untuk masyarakat moderen, batik sudah mengalami perkembangan yang cukup luas dan bebas.

Kita bisa menjumpai pemandangan bahwa batik kini telah menunjukkan unsur motif klasik dan motif yang terbilang ekspresif. Semuanya tetap kembali lagi pada kreatifitas perancangnya.

Sebagai bentuk kreatifitas, pembuat batik tidak jarang yang mengekspresikan karyanya menjadi motif batik bernuansa flora atau fauna, ada juga seperti framing cerita kehidupan sehari-hari hingga motif abstrak.

Itulah batik. Kini bisa dipakai di segala suasana, batik mampu menjembatani pemakainya untuk mengekspresikan diri, tidak saja wanita – saat ini jamak pria yang memakai batik untuk dalam beraktifitas.

Kemeja Batik Motif Nuansa Etnik untuk Pria

Kemeja Batik Motif Nuansa Etnik untuk Pria

Ada lebih kurang 10 motif batik yang biasa dibuat oleh pelaku usaha atau rumah-rumah produksi batik. Melansir apa yang ditulis oleh okezone – disebutkan bahwa ada lebih kurang 10 motif batik yang biasa dibuat oleh pelaku usaha atau rumah-rumah produksi batik, seperti;

Motif Batik Tujuh Rupa (batik khas Pekalongan)

Motif batik tujuh rupa merupakan motif batik khas dari Pekalongan. Motif ini bernuansa alam yang sangat kuat dengan menampilkan bentuk motif bergambar hewan atau tumbuhan. Semua motif yang digoreskan di atas kain mori diangkat dari jamak campuran kebudayaan lokal atau etnis cina.

Semua ini bermula dari adanya tempat transit para pedagang dari berbagai negara di Pekalongan. Maka terjadilah proses akulturasi budaya yang dampaknya menjadikan batik pekalongan memiliki ciri khas yang terbilang sangat kental – seperti; motif jlamprang, motif buketan, motif terang bulan, motif semen, motif pisan bali dan motif lung-lungan.

Motif Batik Sogan (batik khas Solo)

Motif batik Sogan merupakan batik khas dari Solo yang sudah ada semenjak zaman nenek moyang masyarakat Jawa berabad-abad yang silam. Batik ini lazim berwarna cokelat muda dengan motif yang khas serta mendominasi.

Gambar yang menjadi motif pada batik khas Solo ini yaitu bunga beraksen titik-titik atau lengkungan garis. Batik dengan motif ini pada awalnya dikenakan oleh para raja di Jawa terutama keraton kesultanan Solo. 

Motif Batik Gentongan (batik khas Madura)

Motif gentongan merupakan batik khas Madura yang cukup berbeda dengan batik lain. Batik madura menggunakan motif abstrak minimalis dan tanaman. Ada pula yang mengkombinasi antara motif abstrak dengan tanaman.

Yang paling signifikan dari batik khas Madura yaitu dari segi pewarnaan – batik khas madura jamak bernuansa warna-warna terang, misal; merah, kuning, hijau, atau ungu.

Asal usul batik gentongan diambil dari kata gentong alias gerabah yang biasa dipakai untuk wadah mencelup kain batik yang diisi cairan pewarna.

Motif Batik Mega Mendung (batik asal Cirebon)

Siapa dari Anda yang tidak mengenal motif batik mega mendung? Batik khas kota Cirebon ini meskipun terbilang minimalis akan tetapi memberi kesan mewah dan banyak dicari.

Motif ini tidak jarang diaplikasikan pada Kemeja Batik Motif Nuansa Etnik untuk Pria. Batik dengan motif langit yang digambarkan tengah mendung dilukiskan dengan warna cerah menjadi daya tarik pemakainya.

Penerapan motif dan warnanya yang menjadi ciri khas tersebut menjadikan batik mega mendung asal Cirebon ini terbilang tepat dikenakan setiap orang termasuk pria baik orang tua maupun anak muda. 

Masih ada banyak batik dengan motif khas yang sangat memikat yang ada di beberapa wilayah di Indonesia. Nah, pembaca … Bagaimana tanggapan Anda tentang Kemeja Batik Motif Nuansa Etnik untuk Pria ini? [w3/10-bp]

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY