Mengapa Menghemat Uang itu Penting? Berikut Penjelasannya

Mengapa Menghemat Uang itu Penting? Berikut Penjelasannya

166
0
BERBAGI

Mengapa Menghemat Uang itu Penting? Berikut Penjelasannya – Hemat merupakan kata yang paling sering kita dengar pada waktu kecil dulu. Kita tahu bahwa hemat itu pangkal kaya, namun mengapa kita sulit berhemat?

Tentu banyak sekali alasannya, dan setiap orang tentu memiliki alasan yang berbeda-beda. Jika pendapatan bulananmu sebesar 2 juta rupiah dan pengeluaran bulananmu 3 juta rupiah, maka ide tentang menghemat uang tentunya sangat perlu ditertawakan.

Tak hanya itu, menghemat uang juga identik dengan komitmen, dan hampir semua orang tidak memiliki komitmen yang kuat mengenai suatu hal, khususnya yang berhubungan dengan keuangan.

Menghemat uang tentu membutuhkan tekad dan juga waktu yang banyak, namun manfaatnya sangatlah banyak. Jadi mengapa menghemat uang itu penting?

Temukan jawabannya di bawah ini!

Mengapa Menghemat Uang itu Penting
Mengapa Menghemat Uang itu Penting [internet]

Ketenangan

Bagaimana perasaanmu ketika bangun pagi, kamu ingat bahwa kamu punya tagihan kartu kredit atau cicilan mobil? Jika kondisi finansialmu sedang buruk, tentu perasaan yang muncul yaitu perasaan khawatir, takut, cemas, dan lain-lain.

Sebagai manusia biasa, kamu pasti merasakan hal-hal tersebut. Beda cerita jika kamu punya tabungan, maka perasaan yang muncul yaitu tenang, lega, bisa memikirkan hal –hal yang lain, dan lain-lain.

Mengapa Menghemat Uang itu Penting? Berikut Penjelasannya

Tak hanya itu, hidup ini dipenuhi dengan ketidakpastian, misalnya seperti kecelakaan, kehilangan pekerjaan, sakit, dan lainnya. Jika kamu punya banyak tabungan, maka segala ketidakpastian tidak dapat membuat pikiranmu kacau.

Beda cerita jika kamu tak punya tabungan, maka akan ada kekhawatiran jika tiba-tiba terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Tak hanya jangka pendek, menghemat uang juga berguna untuk plan jangka panjang.

Tentu kamu ingin menyekolahkan anakmu di sekolah yang bergengsi bukan? Sayangnya, biaya masuk sekolah bergengsi biasanya sangat mahal.

Jika kamu punya banyak tabungan, maka hal tersebut bukanlah masalah yang terlalu membebani. Jadi agar bisa mendapatkan hidup yang tenang dan nyaman, setiap orang tinggal lebih serius dalam menghemat uang.

Sepanjang proses menabung, maka kekhawatiran perlahan-lahan akan terkikis hingga hidup benar-benar tenang dan tanpa beban sama sekali.

Banyaknya Pilihan

Manusia pada esensinya merupakan mahluk yang diberi kehendak bebas. Namun jika seseorang tak menyimpan tabungan, maka kehendak bebas akan tercerabut dalam dirinya.

Iya betul sekali, semakin banyak uang yang kamu simpan, maka semakin mudah kamu mengontrol nasibmu. Jika perusahaan tempatmu bekerja akhirnya bangkrut, maka kamu tak perlu terburu-buru untuk mencari pekerjaan lain karena kamu sudah memiliki banyak tabungan.

Jika kamu terlalu lelah berdampingan dengan tetangga yang urakan dan tak tau etika, maka kamu ‘pun tinggal pindah rumah karena kamu memiliki banyak tabungan.

Jika kamu sakit dan membutuhkan biaya yang sangat banyak yang tidak mampu di-cover asuransi, maka kamu bisa menggunakan uang tabunganmu.

Jadi dengan banyaknya tabungan yang dimiliki, maka kamu bisa menentukan apapun tanpa perlu ditentukan orang lain. Jadi dengan banyaknya pilihan yang bisa kamu pilih, maka hidupmu pasti bahagia dan tenang.

Namun jika kamu tidak punya tabungan, maka sebaiknya kamu manfaatkan gratis ongkir Bukalapak. Dengan gratis ongkir Bukalapak ini, kamu bisa sedikit lebih mudah dalam berhemat.

Uang Bekerja Untukmu

Kebanyakan dari kita bekerja selama bertahun-tahun hanya agar bisa mencapai target finansial tertentu. Namun sebenarnya ada cara yang lebih cepat untuk menggandakan uang yaitu dengan menabung di tempat yang tepat.

Maksudnya yaitu kamu tidak hanya menabung melainkan juga berinvestasi. Seiring waktu, bukan kamu lagi yang bekerja untuk uang, melainkan uang yang bekerja untukmu.

Jadi seiring waktu dimana pendapatanmu semakin banyak, akhirnya kamu memiliki pilihan untuk meneruskan bekerja di perusahaan atau memilih untuk resign dan fokus pada bisnis sendiri.

Mengapa Menghemat Uang itu Penting? Berikut Penjelasannya

Beberapa orang menggunakan sistem dua arah yaitu sistem tabungan pribadi dan sistem tabungan investasi. Jadi kamu bisa memisahkan tabungan antara tabungan flat dengan tabungan progressif.

Jika kamu bertanya-tanya mengenai pentingnya menabung, maka kamu bisa membaca kembali beberapa poin diatas. Kunci hidup bahagia sebenarnya sangat simpel yaitu kamu hanya perlu menyisakan beberapa presentase pendapatanmu untuk ditabungkan. Jika kamu konsisten, maka uang tabunganmu dapat menjadi pintu kebahagiaanmu. [w3/3/2018-iBM]

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY